Kamis, 11 Juni 2015

Walkthrough, Tips & Hints Harvest Moon: Back to Nature

Walkthrough, Tips & Hints Harvest Moon: Back to Nature



1. Walkthrough Harvest Moon: Back to Nature, ya walaupun game ini udah lama banget dan juga dibuat untuk PlayStation 1(PS1) tapi tetep aja kan gamer yang masih suka game ini karna semakin lama kita maen game ini semakin banyak hal hal yang akan terbuka oleh kita, iya kan? Nah mumpung ada waktu buat bikin artikel tentang game ini, knpa enggak? Game ini bertema RPG tapi bukan berarti di game ini ada buat bertarung beda kayak RPG seperti Final Fantasy. Di game ini kita malah harus berternak dan bertani(ya sudah ah itu mh nanti jga ngerti sendiri pas maen game nya) nah game ini berawal dari Jack(karakter utama atau sapa namanya bebas sesuai keinginan kita) kembali berkunjung ke kampung/desa kakeknya yang sudah meninggal, pada saat itu pula kamu akan bersama pak walikota kampung tersebut dan kamu akan kembali ke masa lalu kamu waktu di kota tersebut dan yang paling penting di flashback ini lah kamu akan bertemu cewek kecil yang akan jadi pasanganmu nanti(itupun kalo kamu memilih menikah), nah udah selesai flashbacknya kamu akan di suruh untuk menjaga kebun ini selama 3 tahun, kalo berhasil untuk mengembalikan kebun tersebut dan bertemang dg warga desa maka kamu akan di terima di desa tersebut selamanya, tapi kalo gagal kamu akan di usir dari desa itu deh .. Next kita menuju ke hari pertama kamu bakal dapat cutscene pak walikota ngajak kamu untuk berkeliling desa(kalo yang udah pernah maen pasti udah tau) tinggal pilih aja mau jawaban iya atau tidak, tapi buat pemula lebih baik terima aja kan kalian belum tau tempat"nya kan .. Nah udah cutscene tersebut langsung aja kalian pertama liat dulu kebun kalian lalu cari uang dengan menjual bahan bahan yang ada di hutan dan kalo bisa sih ke tambang juga, soalnya kalian bisa mendapat gold dan apa ya nama nya(barang buat ngeupgrade alat tani kamu) tapi jangan lupa untuk tetap berteman dengan warga sekitar.. Oh ya kalo di hari pertama kita berjalan jalan ke kota nanti kita bakal cutscene dari setiap warga(lebih tepatnya cewe sih)..
Nah kalo saya sih maennya kayak gini: karna belum punya apa" saya biasa'nya beresin kebun(ngerapiin batu tapi jangan di hancurin batu yang kecil mah soalnya bisa buat bumbu makanan, kayu, dan rumput liar) dari jam 6 AM-9 AM lalu ke hutan nyari bahan" buat di jual sekalian ke tambang dari jam 9 AM sampe 10 atau 11 AM juga cukup kan kalo di dalam ruangan jam nya berhenti.
Lalu jam 11 AM kamu pergi ke kota, jangan lupa bawa bunga, buah atau hal yang bagus ya, oh iya kalau kamu pengen dapat pancingan datang aja ke pantai antara tanggal 5 sampe 20 gak tau 15 Spring nanti ada kakek tua yang bakal ngasih kamu pancingan..

·  tanggal ulang tahun:
¤Spring
Louis: tgl 2-kesukaan madu, jam
Saibara: 11-bijih besi
Elli: 16-tapi kalo tgl lahir kamu tgl sekian maka tgl lahirnya akan menjadi 20 "Summer", Bunga
Barley: 17-Bunga, boiled egg(dari spa atau buatan sendiri tetap di suka)
Lillia: 19-bunga, madu, jam
Greg: 26-Ikan asal jangan yang kecil, makanan ikan
sasha
¤Summer:
Popuri: 3, kalo ultah kamu tanggal 3 maka ultahnya jadi tanggal 10. Bunga, madu
Harris: 4-bunga, onigiri
Cliff: 6-onigiri, spa boiled egg
Basil: 11-bunga
Ann: 17, kalo ultahmu tgl 17 maka ultah ann jadi tgl 22-Spa boiled egg
Kai: 22-flour, oil
Zach: 29-onigiri
¤Fall:
Gotz: 2- bahan"
Stu: 5- madu, juice, jam
Hoggy(sprite kuning) 10
Chef(sprite merah) 14
Manna: 11-madu, bunga
Karen: 15-kalo ultahmu tgl 15 maka ultah Karen jadi 23. wine
Doctor: 17-bahan" obat atau herbal
Anna: 23-madu, flour
Rick: 27-makanan ayam
¤Winter:
Nappy(sprite orange) 22
Kano: 2-bunga, jamur
Gray: 6-bijih besi
Doug: 11-flour, kare flour, oil
Ellen: 13-onigiri, bread, egg, spa boiled egg
Duke: 15-bread, onigiri, spa boiled egg
Won: 19
Mary: 25-rebung(bamboo shoots)
¤Karakter lain:
Pastor Carter: belum diketahui ultahnya
Bold(sprite ungu) 4 spring
Staid(sprite biru tua) 15 Spring
Aqua(sprite biru muda) 26 spring
Timid(sprite hijau) 16 summer

Hearts level:
Hitam: tak ada perasaan apapun
Ungu: sopan padamu
Biru: teman
Hijau: menyukaimu
Kuning: suka padamu begitulah
Orange: fall in love
Merah: cinta padamu

¤Power Berry:
1. dapatkan medali sebanyak 1001 dari lomba kuda, lalu tukarkan dengan power berry
2. memancing di laut, di dermaga(lama pastinya juga)
3. dalam tambang dekat kolam panas(hot springs)
4. di luar tambang musim dingin yang di danau tuh, di pojoknya trus tekan X
5. di dalam tambang musim dingin yang tadi
6. beli di TV Shopping Network harga 5000 G
7. menang di lomba renang
8. coba tebang pohon cedar di mother's hill, terus ikuti cut
9. tanam lebih dari 90 bunga, nanti cutscene anna datang minta bunga jawab ia boleh memetiknya sepuasnya
10. kasih goddess hasil panen terus
11 (special berry). lempar 11 cucumber(mentimun) ke danau yang dekat mother's hill, di depan 2 pohon sebelah kiri danau

¤legendary fish:
-sea bream: jual 200 ikan untuk dapat ikan ini di laut kecuali winter
-squid: lempar ikan kecil sbg umpan lalu mancing
-char: di sungai atau air terjun setelah dapat resep sashimi, sushi dan grilled fish
-angler: saat winter pergi ke laut dari jam 8 PM - 11 PM
-catfish: di kolam terbawah yang ada di tambang musim dingin, jika kamu terus kamu terus menambang sampe bawah nanti bakal ketemu jalan buat ke sana
-Carp: summer atau fall, di mother lake

2. Tips & Hints-dapat banyak uang atau making money:
pertama harus punya 2 file Harvest Moon: Back to Nature, yang file 1 punya kamu(yang belum punya apa apa), yang file 2 nya bisa dapat dari teman atau cari di internet, nanti kamu(karakter utama) ke tempat tidur lalu pilih "Tukarkan Hewan", nah nanti bakal loading terus kamu bisa menukarkan hewan yang ada di file 1 ke file 2, dimana file 2 juga menukarkan hewannya ke file 1. Dan bila kamu tak punya hewan pun maka kamu bisa menukarkannya juga, dengan ini pula kamu akan bisa mendapatkan hewan tanpa membeli dari toko(lumayan kan hemat). Kalo bisa tukarkan yang bagusnya aja soalnya lebih mahal hasil produk hewan yang mahal.
-Relaxaxing Tea dan Peningkat Hati Sprite:
untuk dapat bahan ini kamu harus rela memberi bahan bahan(buah, sayur, susu, dst. asal jangan hal yang jelek) untuk di berikan ke Sprite's, datang aja kerumah mereka dekat gereja jam 3-5 PM, oh iya jangan lupa di bungkus hadiahnya. Memang sih menghabiskan uang tapi ada juga manfaat lain yaitu bisa meningkatkan rasa percaya Sprite's kepada kamu dan bila mereka sudah percaya 100% ke kamu mereka bisa diperkerjakan buat di kebun kita, dari memanen buah, menyiram tanaman dan merawat hewan.
-Tingkatkan Alat Bertani dengan Cepat:
kalau yang ini kamu cuma perlukan alat kamu bernilai maximal atau 400% (periksa di start) lalu kamu juga perlu bijih besi yang biru(lupa namanya), dengan ini kamu bisa membuat alat kamu menjadi sangat bagus dan hanya perlu 3 hari serta biaya yang murah lagi.
-Tired? No More: 
kalau karakter kamu kelelahan bisa bisa nanti kamu masuk rumah sakit dan hari esok kamu akan terlambat, untuk mengantisipasi hal itu, kamu bisa pergi ke pemandian air panas(Hot Spring's) atau bisa juga makan makanan(saran saya lebih baik makan makanan aja, tapi kalo gak punya apa apa tanaman herbal juga gak papa kok tapi tak dapat memberi energi yang sebanding dengan makanan)

The Village
1. Tanah pertanianmu
2. Blacksmith (Pandai Besi)
10AM-4PM. Tutup pada setiap hari Kamis.
3. AJA Winery
9AM-12PM. Tutup pada setiap hari Sabtu.
4. Mary’s House
5. Library
10AM-4PM. Tutup pada setiap hari Senin.
6. Ellen’s House
Tempat tinggal Ellen, Stu, dan Eli.
7. Mayor’s House
Ketika Mayor keluar, temannya Kano biasanya berada di sini.
8. Supermarket
9AM-5PM. Tutup pada setiap hari Selasa dan Minggu
Rumah Karen nyambung dengan Supermarket.
9. Inn
8AM-9PM
Doug dan Ann tinggal di sini. Kai, Cliff, dan Gray tinggal di ruangan atas. Dan pada malam hari setelah 8PM, banyak penduduk desa dapat ditemukan duduk-duduk sambil minum. Won, penjual biji-biji yang aneh, juga dapat ditemukan di sini.
10. Clinic
9 AM-4 PM. Tutup pada setiap hari Rabu.
Doktor dan Eli bekerja di sini.
11. Church
9AM-8PM
Pastor selalu berada di sini. Banyak kakater lain dapat ditemukan di sini dari waktu ke waktu, seperti Cliff, Popuri, Stu dan May.
12. Sprites’ Home
Lokasinya terletak di dalam pohon di belakang gereja.
13. Rose Square
Tempat kebanyakan festival. Ada sebuah tong sampah yang terletak di area ini.
14. Mineral Beach
Zach, bertugas mengirim paket, dan Greg tinggal di sini. Pantai adalah rumah untuk satu atau dua perayaan yang merupakan lokasi tepat untuk memancing.
15. Yodel Farm
9AM-3PM. Tutup pada setiap hari Senin.
Barley dan May tinggal di sini. Kamu dapat membeli dan menjual binatang seperti Domba dan Sapi Ada beberapa festival diadakan di sini. Bila kamu memutuskan agar anjingmu dipelihara Hana, Yodel Farm Dog, kamu harus mampir setiap hari supaya anjingmu tetap bergembira.
16. Poultry Farm
12PM-4PM. Tutup pada setiap hari Minggu.
Tempat tinggal Popuri, Lillia, dan Rick. Selain itu Poultry Farm juga tempat kamu dapat membeli atau menjual ayam-ayam dan mendapatkan ayam-berhubungan supplier pertanian.
17. Carpenter’s House
Kalau kamu mencari sesuatu untuk mengupgrade tanah pertanianmu, ini merupakan tempat yang harus kamu tuju. Gotz, si tukang kayu, tidak memiliki waktu yang tetap, dan dia seringkali ditemukan berkeluyuran di sekitar pegunungan sedang mencari makanan dan kayu. Louis juga tinggal di sini. Sekitar rumah Gotz terdapat banyak kayu untuk kamu tebang.
18. Hot Spring
Spa yang berada di lingkungan luar. Ketika karaktermu mulai lelah, habiskan satu jam dalam spa untuk mengembalikan energimu.
19. Lake Kappa
Ada Winter Mine yang hanya bisa kamu gali pada musim dingin.
20. Puncak Mother’s Hill
Puncak tertinggi pegunungan.
21. Mother’s Hill
Di pegunungan ini terdapat banyak benda. Tergantung musim, kamu dapat pergi ke sana ke mari di area ini untuk mendapatkan buah-buahan dan berry. Kamu juga bisa mendapatkan kayu, bunga, dan banyak lagi.

 Festivals
SPRING
1: New Years Festival: Rose Square. Minum dengan orang dewasa di Inn (awas jangan kebanyakan minum). Untuk menari dengan wanita, pergi ke Square.
8: Spring Goddes Festival: Rose Square
14: Thangksgiving Festival: Bagi-bagikan cookies buatanmu kepada gadis-gadis.
18: Horse Race: Walaupun kamu datang telat, kamu bisa mengikuti semua lomba (ada 3).
22: Cooking Festival: Periksa makanan yang dikeluarkan oleh peserta lomba lain, mungkin kamu akan menemukan sesuatu.
Untuk menang harus menggunakan bahan makanan yang banyak, berkualitas, dan alat yang tepat. Resep yang rumit juga memperbesar kemungkinan menang. Bumbu-bumbu lebih-kurang sedikit tidak berpengaruh. Bahan-bahan seperti telur dan susu yang mempunyai hitungan angka tidak ada hubungannya pada keahlian pembuatan. Untuk kue, bila kebanyakan telur atau susu, bakalan gagal. Tapi bagi yang kualitasnya bisa dijumlah, misalnya dalam 1 resep pakai 2 telur, tidak ada masalah. Coba dulu resep yang akan dilombakan karena ada bahan yang cocok dengan masakan tertentu ada yang tidak.
SUMMER
1: Sea Opening: Power Berry hanya bisa didapatkan dengan menang lomba pertama. Saat lomba, selang-selingi antara bernapas dan berenang (tombol O dan Kotak). Beberapa saat menjelang finih lakukan last spurt, berenang sekuat tenaga. Kalau sempat, sebelumnya cari dan baca buku tentang festival dan berenang di perpustakaan.
7: Chicken Festival: Selain jumlah heart ayam yang maksimal (10), pada saat ayammu berhadapan dengan sesamanya, tekan tombol O untuk bersorak memberi semangat. Bila lawan mengejek, langsung balas dengan sorak semangat.
12: Tomato Festival: Perang
20: Cow Festival: Yodel Ranch. Menang-kalah tergantung jumlah hati sapimu..
24: Fire Works Display: Bisa janjian sebelumnya dengan pasangan nonton.
FALL
3: Music Festival: Gereja, 6 PM.
9: Harvest Festival: Rose Square, 10 AM. Tanggapan penduduk tergantung makanan yang kamu bawa untuk dimasukkan ke Village Pot.
13: Moon Viewing Festival: Di puncak gunung mungkin kamu akan bertemu gadis yang paling kamu sukai.
24: Sheep Festival: Yodel Ranch. Anak domba, domba hamil, dan domba yang sudah dicukur tidak bisa dilombakan.
25: Fall Horse Race
WINTER
10: Dog Race: Rose Square, 10 AM. Tergantung jumlah heart dan kecekatan anjing. Bila kecekatan anjing rendah, lari ambil jarak sedikit dari anjing (jangan berlebih). Untuk meningkatkan heart, jangan mengeluarkannya dari rumah saat cuaca buruk dan peluklah ia sekali sehari. Latihan dengan Dog Ball meningkatkan kecekatan.
14: Winter Thanksgiving Festival: Gadis yang hatinya berwarna akan memberimu chocolate, yang hatinya hijau memberimu chocolate cake. Popuri datang jam 6, Ann jam 8, Elli jam 10, Karen jam 1, dan Maria jam 3. (jika kamu menyimpan coklat yang mereka berikan untuk beberapa hari, kamu bisa memberikan coklat kembali kepada mereka sebagai hadiah dan mereka kelihatan tidak terlalu memperhatikan bahwa kamu mengembalikan hadiah mereka)
24: Star Night Festival: Wanita yang mempunyai hati ungu akan mengundangmu pesta di rumahnya. Acara dimulai pukul 6 PM.
30: New Years : Mother’s Hill. Di puncak bukit ini, kamu dapat menemukan snow flower yang jarang ada, yang ingin dilihat Nenek Eli sebelum dia meninggal.

0 komentar:

Posting Komentar